10 Amalan dengan Pahala Setara Haji

Tahukah Anda bahwa terdapat amalan-amalan yang nilai pahalanya setara dengan pahala menunaikan ibadah haji di Tanah Suci? Beberapa di antaranya bahkan sangat mudah kita jumpai dalam rutinitas sehari-hari. Dilansir dari laman About Islam, berikut 10 amalan yang pahalanya setara dengan menunaikan haji ke baitullah:

1. Sholat subuh hingga Isyraq

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam: “Siapa saja yang melaksanakan sholat shubuh secara berjamaah lalu ia duduk sambil berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan sholat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh,” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna,” (HR. Tirmidzi).

2. Menuntut ilmu

Rasulullah berkata: “Siapa saja yang berangkat ke masjid dengan tujuan belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya,” (Disebutkan dalam hadits riwayat Thabrani di Kitab Al-Majmu’ Al-Kabir).

3. Sholat Isya berjamaah

Sesungguhnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidakkah Allah memberikanmu jaminan bahwa melaksanakan Sholat Isya berjamaah setara dengan ibadah haji, dan Sholat Subuh berjamaah setara dengan Umroh?” (HR. Muslim).

4. Hadiri Sholat Jumat

Sa’id ibnul Musayyab berkata: “Menghadiri Sholat Jumat lebih baik bagiku daripada haji nafsu (sukarela),”

5. Menunaikan Sholat Id

Salah seorang sahabat mengatakan: “Menghadiri Sholat Idul Fitri sama dengan pahala umrah, dan Sholat Idul Adha sama dengan haji,”

6. Membantu memenuhi kebutuhan sesama muslim

Imam Hasan al-Basri mengatakan: “Anda memenuhi kebutuhan sesama muslim adalah lebih baik bagi Anda daripada satu haji setelah yang lain!”

7. Berbakti pada orangtua

Salah satu perintah Rasulullah kepada salah seorang sahabat adalah untuk berbuat baik kepada ibundanya. Beliau bersabda: “Tunjukkanlah kepada Allah bagaimana kau melayani dia. Jika kau melakukannya (dengan sepatutnya) kau akan menjadi seperti: Haji, seorang Mu’tamir (seorang yang melakukan umrah) dan seorang mujahid (seorang yang berjuang di jalan Allah),” (Abu Ya’la, Hadith: 2760, dan Tabarani, Targheeb, vol.3, pg. 315 & Mukhtasar Ithaaf, Hadits: 5721).

8. Berzikir

Salah seorang sahabat Nabi yakni Abdullah ibnu Amr meriwayatkan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Dia yang membaca Subhanallah 100 kali di pagi hari dan 100 kali lainnya di malam hari adalah seperti orang yang melakukan haji 100 kali!”

9. Menahan diri dari perbuatan maksiat

Beberapa shalafunas shalih pernah mengatakan bahwa “Sedikit saja menjauhkan diri dari maksiat, lebih baik dari lima ratus (nafl) haji,”.

10. Beramal baik di 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah

Sebagaimana pernah disampaikan oleh Hafiz Ibnu Rajab: “Telah dijanjikan dalam hadits bahwasanya setiap amal perbuatan baik yang dilakukan dalam 10 hari pertama ini dapat menggantikan imbalan dari berjihad, yang dianggap lebih baik dari haji, dan berarti semua yang baik dilakukan di hari-hari ini juga setara dengan pahala dari berangkat haji,”.

Itulah 10 amalan baik yang pahalanya setara dengan pahala ibadah haji. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa memberi kita kemampuan untuk melaksanakan semua amalan baik ini dan mengizinkan kita untuk menapakkan kaki di Tanah Suci. Insya Allah.