Berkurban di Hari Raya Iduladha merupakan salah satu syariat Islam yang sangat dianjurkan. Ada beberapa keutamaan yang bisa didapatkan jika seseorang melaksanakan perintah yang satu ini.

Dilansir AKURAT.CO dari berbagai sumber, berikut 3 keutamaan berkurban di Hari Raya Iduladha yang bisa didapatkan seseorang jika melaksanakannya.

1. Meningkatkan ketakwaan kepada Allah

Salah satu keutamaan berkurban saat Iduladha adalah menjadikan seorang muslim lebih bertakwa. Hal ini berdasarkan firman Allah dalam Surah. Al Maidah ayat 27, “Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa”.

2. Tercatat sebagai amal baik di hari akhir

Berkurban merupakan anjuran yang tercatat sebagai amal baik yang akan menambah pundi-pundi pahala di hari akhir. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi yang diriwayatkan Ahmad dan Ibnu Majah.

“Pada setiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

Tidak hanya itu, hewan kurban juga disebut akan menjadi saksi amal ibadah kita di hari akhir nanti. Hal ini tertuang dalam hadis Nabi berikut.

“Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai oleh Allah Azza Wa Jalla dari mengalirkan darah (kurban). Sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulunya. Sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah Azza Wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.” (HR Ibnu Majah)

3. Sebagai syiar agama

Berkurban juga memiliki keutamaan sebagai salah satu bentuk syiar agama. Sebagaimana diketahui, berkurban merupakan syariat dari Allah yang termaktub dalam Al-Qur’an, surat Al Hajj ayat 34.

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa. Karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”

Itulah beberapa keutamaan berkurban di Hari Raya Iduladha yang dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Hadis Nabi. Wallahu ‘alam bishawab! []