Amalan Sunnah di Hari Jumat Yang Dianjurkan Untuk Setiap Muslim

Hari Jumat adalah hari yang mulia. Semua umat Muslim berlomba-lomba melaksanakan amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah untuk memperoleh pahala. Ada banyak amalan sunnah yang bisa dilakukan di hari Jumat. Keutamaan hari Jumat tertuang dalam hadis yang diriwayatkan oleh HR Muslim.

“Sebaik-baiknya hari yang padanya terbit matahari adalah hari Jumat. Pada hari itulah saat diciptakanAdam, dimasukkan ia ke surga. dan dikeluarkannya dari surga.”

Ada beberapa amalan hari Jumat yang sayang untuk dilewatkan oleh seorang Muslim. Amalan sunnah ini mungkin bisa menjadi tabunganmu untuk di akhirat.

1. Mandi Jumat

Mandi Jumat diwajibkan bagi laki-laki yang hendak mendirikan salat Jumat ke masjid.

“Barang siapa yang mendatangi salat Jumat baik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi.” (HR Ibnu Hibban).

2. Memakai wewangian saat salat Jumat

Setelah mandi dan hendak berangkat salat Jumat, laki-laki dianjurkan untuk memakai wewangian. Selain wewangian, juga dianjurkan untuk memakai pakaian terbaik dan tidak kotor.

3. Perbanyak sholawat

Di hari Jumat dianjurkan untuk memperbanyak sholawat. Hal ini sesuai anjuran Rasulullah.

“Perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i)

4. Membaca surat Al-Kahfi

Salah satu surat yang dianjurkan untuk dibaca hari Jumat adalah surat Al-Kahfi . Surat ini memiliki banyak keutamaan, salah satunya agar terhindar dari fitnah dajjal.