KETUA umum Wadah Silaturahim Khotib Indonesia (Wasathi) Ustadz Fauzan Amin mengatkan, apabila seorang ibu tengah mengandung dan berharap anaknya menjadi pribadi yang saleh atau salehah, pintar, menggemaskan hingga disukai oleh banyak orang, maka perbanyaklah membaca doa khusus.

“Cobalah ibu hamil membaca doa ini,” katanya saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Doa yang dimaksud yaitu sebagai berikut:

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya: Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

Makna dari doa tersebut sudah jelas untuk meminta anak saleh, salehah dan meneyenangkan sehingga disukai banyak orang. Terlebih bagi orangtuanya yang senantiasa memberikan pendidikan yang baik untuk masa depan anak itu sendiri.

“Memberikan pendidikan yang baik juga salah satu upaya agar anak jadi pribadi lebih baik,” tutur Fauzan.

Sementara anggota Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ustadz Candra Lubis menuturkan, terdapat salah satu ayat Alquran membahas doa yang dibaca oleh Nabi Ibrahim AS supaya anak-anaknya menjadi pribadi saleh dan salehah.

“Di Alquran juga disebutkan doa Nabi Ibrahim agar anak menjadi pribadi saleh dan salehah,” ujarnya kepada beberapa waktu lalu.

Doa yang dimaksud adalah sebagai berikut:

رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ

Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a’.

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”(QS. Ibrahim: 40).

Selain doa Nabi Ibrahim, terdapat juga doa Nabi Zakaria AS yang bisa diamalkan setiap harinya, yaitu:

رَبَّنَا هَبۡ لَنَا مِنۡ أَزۡوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعۡيُنٖ وَٱجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِينَ إِمَامًا

Robbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama.

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa,” (QS. Al-Furqon: 74).

“Doa-doa tersebut dibaca setelah selesai sholat,” pungkasnya.

(sal)