Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia memang memiliki kemampuan untuk mencapai keinginannya. Seperti misalnya mereka ingin mendapatkan uang bisa mencapainya dengan bekerja dan lain halnya.

Sayangnya sebagai manusia biasa, tak ada seorang pun yang bisa mencegah hal buruk padanya terjadi. Sehebat apapun manusia, tentu tak akan bisa mencegah kehendak yang telah Allah SWT tentukan.

Dengan kata lain, manusia bisa saja bertemu sesuatu yang sangat tidak disukai. Padahal, kita sudah berusaha agar hal itu tidak terjadi.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melafalkan doa yang ditulis oleh Imam Al Ghazali dalam kitabnya Ihya' Ulumiddin. Melalui doa ini, manusia bisa memasrahkan segala yang terjadi pada Allah SWT.

Doa Pasrah dan Berserah Diri dari Segala Kehendak Allah SWT 1

Artinya:

"Ya Allah, setiap pagi saya tak mampu menghindar dari apa yang saya benci, saya pun tak kuasa mendapatkan apa yang saya inginkan. Segala urusan ada di luar kekuasaan saya, diri saya tergadaikan dengan perbuatan saya, maka tidak ada yang lebih miskin dari saya. Jangan Engkau beri kegembiraan musuh di atas penderitaan saya. Jangan Engkau jadikan cobaan saya dalam agama saya. Jangan Engkau jadikan urusan dunia sebagai kesusahan terbesar saya. Jangan Engkau jadikan orang yang tak mengasihani saya sebagai pemimpin saya. Ya Allah yang Maha Hidup dan Mengurus Segala Sesuatu."