Jakarta, IDN Times – Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Karena itu, selain memastikan kendaraan sehat, kewaspadaan pengendara juga sangat penting.

Sebab, menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika, sebanyak 61 persen kecelakaan di jalan akibat faktor manusia. Bisa karena kelalaian atau karakter agresif pengemudi.

So, untuk menghindari kecelakaan di jalan, berkendaralah dengan santuy dan kalem. Pastikan juga motor atau mobil atau sepedamu dalam kondisi prima.

Selain itu, jangan lupa berdoa. Sebab di atas segalanya ada Tuhan yang menentukan. Berdoa juga penting untuk membuat kita tetap membumi selama dalam perjalanan.

1. Doa saat ke luar rumah

Saat ke luar rumah sebelum naik kendaraan, sangat disarankan untuk membaca doa. Berikut doa saat hendak ke luar rumah yang bisa kamu baca:

Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya:

“Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.

Membaca doanya dengan khusyuk ya, jangan sambil mengunyah makanan. Oya, lafaz doa tersebut bukan kalimat sembarangan, loh. Sebab ada hadisnya.

Barang siapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah”, maka dikatakan kepadanya: Kamu telah tercukup dan terlindungi, dan syetan pun akan menjauh darinya .”

(HR. Tirmidzi).

2. Doa ketika naik kendaraan

Sebelum atau saat naik motor, mobil, sepeda, atau bahkan pesawat, kamu bisa membaca doa berikut:

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli .”

Artinya:

Ya Allah, mudahkan lah kami dalam bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga ”.

Kalau kamu mau, kamu juga bisa melafazkan zikir sepanjang perjalanan. Sebab zikir itu selain bisa membuat hati tentang, juga bisa lebih mendekatkan dirimu kepada Tuhan, lho.

3. Doa saat akan melewati daerah yang menyeramkan

Jika perjalananmu harus melewati daerah yang menakutkan atau menyeramkan, mungkin karena banyak begal atau cerita hantu, kamu bisa membaca doa berikut:

Ya Allah Rabb pemilik tujuh lapis langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para syetan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepada-Mu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya .”

Doa tersebut dipetik dari hadis riwayat HR. Hakim, Ibnu Hikam dan Baihaqi.

4. Doa saat tiba di tujuan

Setelah tiba di tujuan dengan selamat dan tanpa kekurangan apa pun, jangan lupa untuk kembali mengingat Tuhan dengan berdoa:

Subhaanal ladzii sakhkhara lanaa haadzaa, wamaa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun “.

Artinya:

“Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Oya, berdoa itu gak hanya berarti permintaan, tapi juga bentuk rasa syukur kita terhadap semua pemberian-Nya.