Surat Al Kahfi adalah salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat jika dibaca dan diamalkan dengan benar oleh umat Islam. Surat ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca umat Muslim pada hari Jumat atau malam Jumat.

Sebenarnya tak harus hari Jumat saja, namun sangat dianjurkan pada hari tersebut. Hari Jumat adalah hari yang paling istimewa bagi umat Islam. Walaupun hari lainnya dikatakan hari yang baik, namun berbeda dengan hari Jumat.

Hari Jumat merupakan hari yang mempunyai kemuliaan dan keutamaan tersendiri bagi umat Islam. Seperti sabda Nabi Muhammad, “Sebaik-baik hari adalah hari Jumat, pada hari itu Nabi Adam AS diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke surga, pada hari itu dia dikeluarkan dari surga, dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim)

Dalam sabda lain Nabi Muhammad juga mengatakan bahwa, tidak ada hari yang paling mulia selain hari jumat. “Tidak ada hari yang lebih mulia selama matahari terbit dan terbenam selain hari Jumat”. (HR.Ibnu Hibban dalam Shahihnya).

Dihari Jumat Nabi Muhammad juga menganjurkan umat muslim untuk melakukan amalan sunahnya yaitu membaca Surat Al Kahfi. Begitu banyak keutamaan dari surat Al Kahfi yang satu ini, dan keutamaan membacanya di hari jumat seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad.

Mungkin sebagian orang belum mengetahui tentang amalan sunah ini dan keutamaannya. Ganjaran yang akan didapat dari Allah SWT untuk orang yang membaca surat Al Kahfi dihari Jumat, adalah akan disinari oleh cahaya pada hari kiamat nanti.

Itu dijelaskan Ibnu Umar RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancarkan cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

Demikianlah keistimewaan surah Al-Kahf bagi orang yang mau membaca atau menghafalnya terlebih di malam atau hari Jumat. Yakni dilindungi dari fitnah Dajjal kelak di hari Kiamat serta disiapkan cahaya khusus untuknya. Wa Allahu A’lam bis Shawab.